sub menu

Kamis, 17 Mei 2018

RPP SKI MA kelas XII semester satu


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : SKI
Satuan pendidikan      : MA
Kelas/Semester            : XII/1
Alokasi Waktu            : 10 Jam Pelajaran
A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1    Menghayati nilai-nilai pembaharuan sebagai upaya mengembalikan kemajuan umat Islam.
1.2    Menghayati pikiran-pikiran positif para pembaharu sebagai upaya memajukan umat Islam.
1.3   Menghayati nilai-nilai perjuangan dari tokoh-tokoh pembaharuan dunia Islam. 
2.1    Terbiasa berpikir kritis sebagai implementasi dari pemahaman terhadap sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
2.2    Terbiasa berpikir kritis dan logis sebagai implementasi dari pemahaman terhadap pemikiran-pemikiran pembaharuan dunia Islam.
2.3   Memiliki kepedulian terhadap perjuangan memajukan umat Islam sebagai implementasi dari pemahaman terhadap nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.
3.1   Menganalisis sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
3.2   Memahami pemikiran-pemikiran pembaharuan dunia Islam.   
3.3   Mengidentifikasi nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.  
4.1   Menceritakan sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
4.2   Membuat peta konsep tentang pemikiran-pemikiran pembaharuan  dunia Islam.
4.3   Mempresentasikan nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.

C.    Indikator
1.      Mengetahui sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
2.      Mengetahui tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
3.      Mengetahui berbagai perkembangan peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
4.      Mengetahui nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.
5.      memiliki nilai-nilai perjuangan (berpikir kritis, logis, dan peduli) sebagai implementasi terhadap sejarah perkembangan pembaruan Islam dalam kehidupan sehari-hari.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
1.      menjelaskan sejarah munculnya pembaruan dunia Islam;
2.      mengidentifikasi tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam;
3.      mengidentifikasi berbagai perkembangan peradaban pada masa pembaruan dunia Islam;
4.      mengidentifikasi nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam;
5.      menerapkan nilai-nilai perjuangan (berpikir kritis, logis, dan peduli) sebagai implementasi terhadap sejarah perkembangan pembaruan Islam dalam kehidupan sehari-hari.

E.     Materi Pembelajaran
Pemikiran-pemikiran dalam pembaruan dunia Islam

F.     Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1.      Model pembelajaran    : saintifik. 
2.      Strategi pembelajaran : kooperatif.
3.      Metode                        : ceramah, diskusi, tanya jawab, studi dokumen, penugasan.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Rincian Kegiatan
Pendahuluan
§  Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai dengan pokok bahasan.
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Inti
Mengamati
§  Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§  Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru tentang sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mengamati perkembangan pembaruan Islam dari masa ke masa.

Menanya
§  Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi, seperti:
§  Apa yang dimaksud pembaruan dalam Islam?
§  Kapan pembaruan dalam dunia Islam terjadi?
§  Siapa saja yang berperan dalam pembaruan dunia Islam?
§  Bagaimana perkembangan peradaban pada masa pembaruan?

Mengumpulkan Informasi
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.

Menalar/Mengasosiasi
§  Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mengidentifikasi berbagai perkembangan peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mengidentifikasi nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.

Mengomunikasikan
§  Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik menjelaskan kembali sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik menyebutkan dan menceritakan kembali tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik menyebutkan berbagai perkembangan peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik menyebutkan nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam. 
Penutup
§  Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
§  Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
§  Guru menyampaikan informasi tentang topik pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.
§  Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

H.    Penilaian Hasil Belajar
§  Sikap
Mengamati adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
§  Pengetahuan
Tes tertulis (pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah dipelajar.
§  Keterampilan
Mengerjakan tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan melaporkannya.

I.       Contoh Instrumen untuk Penilaian
6.      Tokoh yang mendapatkan julukan sebagai Bapak Nasionalisme karena menyerukan bahwa umat Islam harus meninggalkan perselisihan dan berjuang di bawah panji bersama adalah ….
a.       Jamaludin al-Afgani
b.      Muhammad Abduh
c.       Rasyid Rida
d.      Ahmad bin Hambal
e.       Syah Waliyullah
Jawab: a

J.      Sumber Belajar
§  Al-Qur’an dan terjemahnya
§  Buku Materi SKI Kelas XII
§  LKS SKI Kelas XII
§  Berbagai referensi pendukung lainnya
. . . . . . . . , . . . . . . . 20. . .
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran



NIP.                                                                                                                NIP.









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : SKI
Satuan pendidikan      : MA
Kelas/Semester            : XII/1
Alokasi Waktu            : 8 Jam Pelajaran
A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1    Menghayati nilai-nilai pembaharuan sebagai upaya mengembalikan kemajuan umat Islam.
1.4   Menyadari bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim.
2.5    Menunjukkan perilaku kreatif dan inovatif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia. 
3.4   Mendeskripsikan sejarah masuknya Islam di Indonesia.
3.5   Menganalisis strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
4.4   Menceritakan sejarah masuknya Islam di Indonesia.
4.5   Membuat sinopsis tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.

C.    Indikator
1.      Mengetahui sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
2.      Mengetahui berbagai jalur masuknya Islam ke Indonesia.
3.      Mengetahui berbagai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
4.      Mengetahui berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.
5.      Memiliki sikap kreatif dan inovatif sebagai implemetasi dari pemahaman terhadap strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
1.      menjelaskan sejarah masuknya Islam ke Indonesia;
2.      menganalisis berbagai jalur masuknya Islam ke Indonesia;
3.      menganalisis berbagai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini;
4.      mengidentifikasi berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia;
5.      menerapkan sikap kreatif dan inovatif dalam kehidupan sehari-hari sebagai implemetasi dari pemahaman terhadap strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.

E.     Materi Pembelajaran
Strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia

F.     Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1.      Model pembelajaran    : saintifik. 
2.      Strategi pembelajaran : kooperatif.
3.      Metode                        : ceramah, diskusi, tanya jawab, studi dokumen, penugasan.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Rincian Kegiatan
Pendahuluan
§  Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai dengan pokok bahasan.
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Inti
Mengamati
§  Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§  Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik mengamati berbagai perkembangan agama Islam di Indonesia saat ini.

Menanya
§  Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi, seperti:
§  Kapan Islam masuk ke Indonesia?
§  Bagaimana cara Islam masuk ke Indonesia?
§  Bagaimana perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuk hingga saat ini?
§  Bagaimana strategi dakwah para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia?

Mengumpulkan Informasi
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai jalur masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.

Menalar/Mengasosiasi
§  Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan  sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik menganalisis berbagai jalur masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik menganalisis berbagai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§  Peserta didik mengidentifikasi berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.

Mengomunikasikan
§  Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik menjelaskan  sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik menjelaskan berbagai jalur masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik menyebutkan dan menjelaskan berbagai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§  Peserta didik menyebutkan berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.
Penutup
§  Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
§  Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
§  Guru menyampaikan informasi tentang topik pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.
§  Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

H.    Penilaian Hasil Belajar
§  Sikap
Mengamati adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
§  Pengetahuan
Tes tertulis (pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah dipelajar.
§  Keterampilan
Mengerjakan tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan melaporkannya.

I.       Contoh Instrumen untuk Penilaian
5.      Islam mudah dianut oleh masyarakat karena didakwahkan dengan santun. Berikut yang tidka termasuk cara mendakwahkan Islam adalah dengan ….
a.       kesenian
b.      pernikahan
c.       pendidikan
d.      perdagangan
e.       invasi militer
Jawab: e

J.      Sumber Belajar
§  Al-Qur’an dan terjemahnya
§  Buku Materi SKI Kelas XII
§  LKS SKI Kelas XII
§  Berbagai referensi pendukung lainnya

. . . . . . . . , . . . . . . . 20. . .
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran



NIP.                                                                                                                NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : SKI
Satuan pendidikan      : MA
Kelas/Semester            : XII/1
Alokasi Waktu            : 10 Jam Pelajaran
A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.7    Meyakini bahwa dakwah yang didukung oleh berbagai pihak termasuk ulil amri akan lebih maksimal hasilnya. 
2.7    Berperilaku dinamis dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman terhadap peranan kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
2.8    Menunjukkan sikap peduli terhadap kemajuan bangsa sebagai implementasi dari pemahaman terhadap peranan umatnya di Indonesia.
3.7    Menganalisis peranan kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
3.8   Mendiskusikan peranan umatnya di Indonesia dari waktu ke waktu.
4.7    Membuat peta konsep berkaitan dengan kerajaan Islam yang pernah muncul di Indonesia. 
4.8   Memaparkan dalam tulisan singkat mengenai peranan umatnya di Indonesia. 

C.    Indikator
1.      Mengetahui sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
2.      Mengetahui sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
3.      Mengetahui raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
4.      Mengetahui peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
5.      Mengetahui berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
6.      Mengetahui berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
7.      Memiliki perilaku dinamis dan peduli terhadap kemajuan bangsa sebagai implementasi dari pemahaman terhadap perkebangan Islam di Indonesia.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
1.      menjelaskan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia;
2.      mengidentifikasi raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia;
3.      menganalisis mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya;
4.      mengidentifikasi berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia;
5.      mengidentifikasi berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia;
6.      menerapkan perilaku dinamis dan peduli terhadap kemajuan bangsa dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman terhadap perkebangan Islam di Indonesia.

E.     Materi Pembelajaran
Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

F.     Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1.      Model pembelajaran    : saintifik. 
2.      Strategi pembelajaran : kooperatif.
3.      Metode                        : ceramah, diskusi, tanya jawab, studi dokumen, penugasan.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Rincian Kegiatan
Pendahuluan
§  Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai dengan pokok bahasan.
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Inti
Mengamati
§  Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§  Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§  Peserta didik mengamati berbagai bukti yang menunjukkan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia pada beberapa masa yang lalu.

Menanya
§  Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi, seperti:
§  Apa saja kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia?
§  Siapa saja yang pernah menjadi pemimpin (ulil amri) di tiap kerajaan Islam tersebut?
§  Bagaimana peranan pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya?
§  Bagaimana perkembangan kerajaan-kerajaan Islam tersebut?
§  Apa peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam tersebut terhadap perkembangan Islam di Indonesia?

Mengumpulkan Informasi
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai raja atau pemimpin (ulil amri) di tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam tersebut terhadap perkembangan Islam di Indonesia.

Menalar/Mengasosiasi
§  Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan  sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§  Peserta didik mengidentifikasi raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik menganalisis mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§  Peserta didik mengidentifikasi berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik mengidentifikasi berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.

Mengomunikasikan
§  Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik menjelaskan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§  Peserta didik menyebutkan raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik memaparkan mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§  Peserta didik menyebutkan berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik menyebutkan berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
Penutup
§  Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
§  Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
§  Guru menyampaikan informasi tentang topik pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.
§  Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

H.    Penilaian Hasil Belajar
§  Sikap
Mengamati adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
§  Pengetahuan
Tes tertulis (pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah dipelajar.
§  Keterampilan
Mengerjakan tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan melaporkannya.

I.       Contoh Instrumen untuk Penilaian
6.      Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah ….
a.       Kerajaan Samudra Pasai
b.      Kerajaan Cirebon
c.       Kerajaan Demak
d.      Kerajaan Kalimantan
e.       Kerajaan Mataram
Jawab: c

J.      Sumber Belajar
§  Al-Qur’an dan terjemahnya
§  Buku Materi SKI Kelas XII
§  LKS SKI Kelas XII
§  Berbagai referensi pendukung lainnya
. . . . . . . . , . . . . . . . 20. . .
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran



NIP.                                                                                                                NIP.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : SKI
Satuan pendidikan      : MA
Kelas/Semester            : XII/1
Alokasi Waktu            : 10 Jam Pelajaran
A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.7    Meyakini bahwa dakwah yang didukung oleh berbagai pihak termasuk ulil amri akan lebih maksimal hasilnya. 
2.7    Berperilaku dinamis dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman terhadap peranan kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
2.8    Menunjukkan sikap peduli terhadap kemajuan bangsa sebagai implementasi dari pemahaman terhadap peranan umatnya di Indonesia.
3.7    Menganalisis peranan kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
3.8   Mendiskusikan peranan umatnya di Indonesia dari waktu ke waktu.
4.7    Membuat peta konsep berkaitan dengan kerajaan Islam yang pernah muncul di Indonesia. 
4.8   Memaparkan dalam tulisan singkat mengenai peranan umatnya di Indonesia. 

C.    Indikator
1.      Mengetahui sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
2.      Mengetahui sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
3.      Mengetahui raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
4.      Mengetahui peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
5.      Mengetahui berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
6.      Mengetahui berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
7.      Memiliki perilaku dinamis dan peduli terhadap kemajuan bangsa sebagai implementasi dari pemahaman terhadap perkebangan Islam di Indonesia.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
1.      menjelaskan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia;
2.      mengidentifikasi raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia;
3.      menganalisis mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya;
4.      mengidentifikasi berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia;
5.      mengidentifikasi berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia;
6.      menerapkan perilaku dinamis dan peduli terhadap kemajuan bangsa dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman terhadap perkebangan Islam di Indonesia.

E.     Materi Pembelajaran
Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

F.     Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1.      Model pembelajaran    : saintifik. 
2.      Strategi pembelajaran : kooperatif.
3.      Metode                        : ceramah, diskusi, tanya jawab, studi dokumen, penugasan.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Rincian Kegiatan
Pendahuluan
§  Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai dengan pokok bahasan.
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Inti
Mengamati
§  Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§  Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§  Peserta didik mengamati berbagai bukti yang menunjukkan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia pada beberapa masa yang lalu.

Menanya
§  Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi, seperti:
§  Apa saja kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia?
§  Siapa saja yang pernah menjadi pemimpin (ulil amri) di tiap kerajaan Islam tersebut?
§  Bagaimana peranan pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya?
§  Bagaimana perkembangan kerajaan-kerajaan Islam tersebut?
§  Apa peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam tersebut terhadap perkembangan Islam di Indonesia?

Mengumpulkan Informasi
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai raja atau pemimpin (ulil amri) di tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam tersebut terhadap perkembangan Islam di Indonesia.

Menalar/Mengasosiasi
§  Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan  sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§  Peserta didik mengidentifikasi raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik menganalisis mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§  Peserta didik mengidentifikasi berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik mengidentifikasi berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.

Mengomunikasikan
§  Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik menjelaskan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§  Peserta didik menyebutkan raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik memaparkan mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§  Peserta didik menyebutkan berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik menyebutkan berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
Penutup
§  Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
§  Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
§  Guru menyampaikan informasi tentang topik pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.
§  Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

H.    Penilaian Hasil Belajar
§  Sikap
Mengamati adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
§  Pengetahuan
Tes tertulis (pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah dipelajar.
§  Keterampilan
Mengerjakan tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan melaporkannya.

I.       Contoh Instrumen untuk Penilaian
6.      Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah ….
a.       Kerajaan Samudra Pasai
b.      Kerajaan Cirebon
c.       Kerajaan Demak
d.      Kerajaan Kalimantan
e.       Kerajaan Mataram
Jawab: c

J.      Sumber Belajar
§  Al-Qur’an dan terjemahnya
§  Buku Materi SKI Kelas XII
§  LKS SKI Kelas XII
§  Berbagai referensi pendukung lainnya
. . . . . . . . , . . . . . . . 20. . .
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran



NIP.                                                                                                                NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : SKI
Satuan pendidikan      : MA
Kelas/Semester            : XII/1
Alokasi Waktu            : 10 Jam Pelajaran
K.    Kompetensi Inti
5.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
6.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
7.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
8.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

L.     Kompetensi Dasar
1.7    Meyakini bahwa dakwah yang didukung oleh berbagai pihak termasuk ulil amri akan lebih maksimal hasilnya. 
2.7    Berperilaku dinamis dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman terhadap peranan kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
2.8    Menunjukkan sikap peduli terhadap kemajuan bangsa sebagai implementasi dari pemahaman terhadap peranan umatnya di Indonesia.
3.7    Menganalisis peranan kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
3.8   Mendiskusikan peranan umatnya di Indonesia dari waktu ke waktu.
4.7    Membuat peta konsep berkaitan dengan kerajaan Islam yang pernah muncul di Indonesia. 
4.8   Memaparkan dalam tulisan singkat mengenai peranan umatnya di Indonesia. 

M.   Indikator
8.      Mengetahui sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
9.      Mengetahui sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
10.  Mengetahui raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
11.  Mengetahui peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
12.  Mengetahui berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
13.  Mengetahui berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
14.  Memiliki perilaku dinamis dan peduli terhadap kemajuan bangsa sebagai implementasi dari pemahaman terhadap perkebangan Islam di Indonesia.

N.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
7.      menjelaskan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia;
8.      mengidentifikasi raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia;
9.      menganalisis mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya;
10.  mengidentifikasi berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia;
11.  mengidentifikasi berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia;
12.  menerapkan perilaku dinamis dan peduli terhadap kemajuan bangsa dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman terhadap perkebangan Islam di Indonesia.

O.    Materi Pembelajaran
Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

P.     Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
4.      Model pembelajaran    : saintifik. 
5.      Strategi pembelajaran : kooperatif.
6.      Metode                        : ceramah, diskusi, tanya jawab, studi dokumen, penugasan.

Q.    Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Rincian Kegiatan
Pendahuluan
§  Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai dengan pokok bahasan.
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Inti
Mengamati
§  Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§  Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§  Peserta didik mengamati berbagai bukti yang menunjukkan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia pada beberapa masa yang lalu.

Menanya
§  Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi, seperti:
§  Apa saja kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia?
§  Siapa saja yang pernah menjadi pemimpin (ulil amri) di tiap kerajaan Islam tersebut?
§  Bagaimana peranan pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya?
§  Bagaimana perkembangan kerajaan-kerajaan Islam tersebut?
§  Apa peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam tersebut terhadap perkembangan Islam di Indonesia?

Mengumpulkan Informasi
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai raja atau pemimpin (ulil amri) di tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam tersebut terhadap perkembangan Islam di Indonesia.

Menalar/Mengasosiasi
§  Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan  sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§  Peserta didik mengidentifikasi raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik menganalisis mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§  Peserta didik mengidentifikasi berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik mengidentifikasi berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.

Mengomunikasikan
§  Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik menjelaskan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§  Peserta didik menyebutkan raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik memaparkan mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§  Peserta didik menyebutkan berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
§  Peserta didik menyebutkan berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
Penutup
§  Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
§  Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
§  Guru menyampaikan informasi tentang topik pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.
§  Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

R.    Penilaian Hasil Belajar
§  Sikap
Mengamati adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
§  Pengetahuan
Tes tertulis (pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah dipelajar.
§  Keterampilan
Mengerjakan tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan melaporkannya.

S.      Contoh Instrumen untuk Penilaian
7.      Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah ….
a.       Kerajaan Samudra Pasai
b.      Kerajaan Cirebon
c.       Kerajaan Demak
d.      Kerajaan Kalimantan
e.       Kerajaan Mataram
Jawab: c

T.     Sumber Belajar
§  Al-Qur’an dan terjemahnya
§  Buku Materi SKI Kelas XII
§  LKS SKI Kelas XII
§  Berbagai referensi pendukung lainnya
. . . . . . . . , . . . . . . . 20. . .
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran



NIP.                                                                                                                NIP. 

3 komentar:

PROFIL PENULIS

PROFIL PENULIS NAMA : KHOTIJAH, MAHASISWI DI IAIN PEKALONGAN JURUSAN TARBIYAH. ALAMAT : DS KALIPANCUR 02 KEC. BOJONG. KAB ...