RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SKI
Satuan
pendidikan :
MA
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu :
10 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati nilai-nilai pembaharuan sebagai
upaya mengembalikan kemajuan umat Islam.
1.2 Menghayati
pikiran-pikiran positif para pembaharu sebagai upaya memajukan umat Islam.
1.3 Menghayati
nilai-nilai perjuangan dari tokoh-tokoh pembaharuan dunia Islam.
2.1 Terbiasa berpikir kritis sebagai implementasi
dari pemahaman terhadap sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
2.2 Terbiasa berpikir kritis dan logis sebagai
implementasi dari pemahaman terhadap pemikiran-pemikiran pembaharuan dunia
Islam.
2.3 Memiliki
kepedulian terhadap perjuangan memajukan umat Islam sebagai implementasi dari
pemahaman terhadap nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.
3.1 Menganalisis
sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
3.2 Memahami
pemikiran-pemikiran pembaharuan dunia Islam.
3.3 Mengidentifikasi
nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.
4.1 Menceritakan
sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
4.2 Membuat
peta konsep tentang pemikiran-pemikiran pembaharuan dunia Islam.
4.3 Mempresentasikan
nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.
C. Indikator
1. Mengetahui sejarah munculnya pembaruan dunia
Islam.
2. Mengetahui tokoh-tokoh yang berperan dalam
pembaruan dunia Islam.
3. Mengetahui berbagai perkembangan peradaban
pada masa pembaruan dunia Islam.
4. Mengetahui nilai-nilai perjuangan gerakan
pembaruan dunia Islam.
5. memiliki nilai-nilai perjuangan (berpikir
kritis, logis, dan peduli) sebagai implementasi terhadap sejarah perkembangan
pembaruan Islam dalam kehidupan sehari-hari.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
1. menjelaskan sejarah munculnya pembaruan dunia Islam;
2. mengidentifikasi tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia
Islam;
3. mengidentifikasi berbagai perkembangan peradaban pada masa
pembaruan dunia Islam;
4. mengidentifikasi nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia
Islam;
5. menerapkan nilai-nilai perjuangan (berpikir kritis, logis, dan
peduli) sebagai implementasi terhadap sejarah perkembangan pembaruan Islam
dalam kehidupan sehari-hari.
E.
Materi Pembelajaran
Pemikiran-pemikiran dalam pembaruan dunia Islam
F.
Pendekatan, Strategi,
dan Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran : saintifik.
2. Strategi pembelajaran : kooperatif.
3. Metode : ceramah, diskusi,
tanya jawab, studi dokumen, penugasan.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Rincian Kegiatan
|
Pendahuluan
|
§ Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama,
dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai
dengan pokok bahasan.
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
Inti
|
Mengamati
§ Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau
yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§ Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru tentang
sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§ Peserta didik mengamati perkembangan pembaruan Islam dari masa ke masa.
Menanya
§ Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan
materi, seperti:
§ Apa yang dimaksud pembaruan dalam Islam?
§ Kapan pembaruan dalam dunia Islam terjadi?
§ Siapa saja yang berperan dalam pembaruan dunia Islam?
§ Bagaimana perkembangan peradaban pada masa pembaruan?
Mengumpulkan Informasi
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah munculnya
pembaruan dunia Islam.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai tokoh-tokoh yang
berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan
peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai nilai-nilai
perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.
Menalar/Mengasosiasi
§ Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan sejarah
munculnya pembaruan dunia Islam.
§ Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan tokoh-tokoh
yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§ Peserta didik mengidentifikasi berbagai perkembangan peradaban pada
masa pembaruan dunia Islam.
§ Peserta didik mengidentifikasi nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan
dunia Islam.
Mengomunikasikan
§ Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik
menjelaskan kembali sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§ Peserta didik menyebutkan dan menceritakan kembali tokoh-tokoh yang
berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§ Peserta didik menyebutkan berbagai perkembangan peradaban pada masa
pembaruan dunia Islam.
§ Peserta didik menyebutkan nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan
dunia Islam.
|
Penutup
|
§ Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
§ Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
§ Guru menyampaikan informasi tentang topik pembelajaran untuk pertemuan
yang akan datang.
§ Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
§ Sikap
Mengamati
adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan
tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
§ Pengetahuan
Tes tertulis
(pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah
dipelajar.
§ Keterampilan
Mengerjakan
tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan
melaporkannya.
I.
Contoh
Instrumen untuk Penilaian
6.
Tokoh yang mendapatkan
julukan sebagai Bapak Nasionalisme karena menyerukan bahwa umat Islam harus
meninggalkan perselisihan dan berjuang di bawah panji bersama adalah ….
a.
Jamaludin al-Afgani
b.
Muhammad Abduh
c.
Rasyid Rida
d.
Ahmad bin Hambal
e.
Syah Waliyullah
Jawab: a
J.
Sumber Belajar
§
Al-Qur’an
dan terjemahnya
§
Buku
Materi SKI Kelas XII
§
LKS
SKI Kelas XII
§
Berbagai
referensi pendukung lainnya
.
. . . . . . . , . . . . . . . 20. . .
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SKI
Satuan
pendidikan :
MA
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu :
8 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati nilai-nilai pembaharuan sebagai
upaya mengembalikan kemajuan umat Islam.
1.4 Menyadari
bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim.
2.5 Menunjukkan perilaku kreatif dan inovatif
sebagai implementasi dari pemahaman terhadap strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia.
3.4 Mendeskripsikan
sejarah masuknya Islam di Indonesia.
3.5 Menganalisis
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
4.4 Menceritakan
sejarah masuknya Islam di Indonesia.
4.5 Membuat
sinopsis tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
C. Indikator
1. Mengetahui sejarah masuknya Islam ke
Indonesia.
2. Mengetahui berbagai jalur masuknya Islam ke
Indonesia.
3. Mengetahui berbagai perkembangan Islam di
Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
4. Mengetahui berbagai hikmah dan teladan dari
strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.
5. Memiliki sikap kreatif dan inovatif sebagai
implemetasi dari pemahaman terhadap strategi dakwah dan perkembangan Islam di
Indonesia.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
1. menjelaskan sejarah masuknya Islam ke Indonesia;
2. menganalisis berbagai jalur masuknya Islam ke Indonesia;
3. menganalisis berbagai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya
Islam hingga saat ini;
4.
mengidentifikasi
berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia;
5.
menerapkan sikap kreatif dan inovatif dalam kehidupan
sehari-hari sebagai implemetasi dari pemahaman terhadap strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia.
E.
Materi Pembelajaran
Strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
F.
Pendekatan,
Strategi, dan Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran : saintifik.
2. Strategi pembelajaran : kooperatif.
3. Metode : ceramah, diskusi,
tanya jawab, studi dokumen, penugasan.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Rincian Kegiatan
|
Pendahuluan
|
§ Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama,
dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai
dengan pokok bahasan.
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
Inti
|
Mengamati
§ Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau
yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§ Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru mengenai
sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§ Peserta didik mengamati berbagai perkembangan agama Islam di Indonesia
saat ini.
Menanya
§ Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan
materi, seperti:
§ Kapan Islam masuk ke Indonesia?
§ Bagaimana cara Islam masuk ke Indonesia?
§ Bagaimana perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuk hingga saat
ini?
§ Bagaimana strategi dakwah para ulama untuk menyebarkan Islam di
Indonesia?
Mengumpulkan Informasi
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah masuknya
Islam ke Indonesia.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai jalur masuknya
Islam ke Indonesia.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan Islam
di Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai berbagai hikmah dan
teladan dari strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan
Islam di Indonesia.
Menalar/Mengasosiasi
§ Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§ Peserta didik menganalisis berbagai jalur masuknya Islam ke Indonesia.
§ Peserta didik menganalisis berbagai perkembangan Islam di Indonesia
sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§ Peserta didik mengidentifikasi berbagai hikmah dan teladan dari
strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di
Indonesia.
Mengomunikasikan
§ Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik
menjelaskan sejarah masuknya Islam ke
Indonesia.
§ Peserta didik menjelaskan berbagai jalur masuknya Islam ke Indonesia.
§ Peserta didik menyebutkan dan menjelaskan berbagai perkembangan Islam
di Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§ Peserta didik menyebutkan berbagai hikmah dan teladan dari strategi
dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.
|
Penutup
|
§ Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
§ Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
§ Guru menyampaikan informasi tentang topik pembelajaran untuk pertemuan
yang akan datang.
§ Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
§ Sikap
Mengamati
adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan
tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
§ Pengetahuan
Tes tertulis
(pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah
dipelajar.
§ Keterampilan
Mengerjakan
tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan
melaporkannya.
I.
Contoh
Instrumen untuk Penilaian
5. Islam mudah dianut oleh masyarakat karena didakwahkan dengan santun.
Berikut yang tidka termasuk cara mendakwahkan Islam adalah dengan ….
a.
kesenian
b.
pernikahan
c.
pendidikan
d.
perdagangan
e.
invasi militer
Jawab: e
J.
Sumber Belajar
§
Al-Qur’an
dan terjemahnya
§
Buku
Materi SKI Kelas XII
§
LKS
SKI Kelas XII
§
Berbagai
referensi pendukung lainnya
.
. . . . . . . , . . . . . . . 20. . .
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SKI
Satuan
pendidikan :
MA
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu :
10 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.7 Meyakini
bahwa dakwah yang didukung oleh berbagai pihak termasuk ulil amri akan lebih
maksimal hasilnya.
2.7 Berperilaku dinamis dalam kehidupan
sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman terhadap peranan
kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
2.8 Menunjukkan sikap peduli terhadap kemajuan
bangsa sebagai implementasi dari pemahaman terhadap peranan umatnya di
Indonesia.
3.7 Menganalisis
peranan kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
3.8 Mendiskusikan
peranan umatnya di Indonesia dari waktu ke waktu.
4.7 Membuat
peta konsep berkaitan dengan kerajaan Islam yang pernah muncul di
Indonesia.
4.8 Memaparkan
dalam tulisan singkat mengenai peranan umatnya di Indonesia.
C. Indikator
1. Mengetahui sejarah munculnya pembaruan dunia
Islam.
2. Mengetahui sejarah berbagai kerajaan Islam
yang pernah ada di Indonesia.
3. Mengetahui raja-raja atau ulil amri yang
pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
4. Mengetahui peranan para raja atau pemimpin
(ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
5. Mengetahui berbagai perkembangan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
6. Mengetahui berbagai peranan keberadaan
kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
7. Memiliki perilaku dinamis dan peduli terhadap
kemajuan bangsa sebagai implementasi dari pemahaman terhadap perkebangan Islam
di Indonesia.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
1. menjelaskan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di
Indonesia;
2. mengidentifikasi raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin
tiap kerajaan Islam di Indonesia;
3. menganalisis mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri)
tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya;
4. mengidentifikasi berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di
Indonesia;
5. mengidentifikasi berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan
Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia;
6.
menerapkan perilaku dinamis dan peduli terhadap kemajuan
bangsa dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman terhadap
perkebangan Islam di Indonesia.
E.
Materi Pembelajaran
Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
F.
Pendekatan,
Strategi, dan Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran : saintifik.
2. Strategi pembelajaran : kooperatif.
3. Metode : ceramah, diskusi,
tanya jawab, studi dokumen, penugasan.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Rincian Kegiatan
|
Pendahuluan
|
§ Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama,
dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai
dengan pokok bahasan.
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
Inti
|
Mengamati
§ Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau
yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§ Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru berbagai kerajaan
Islam yang pernah ada di Indonesia.
§ Peserta didik mengamati berbagai bukti yang menunjukkan keberadaan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia pada beberapa masa yang lalu.
Menanya
§ Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi,
seperti:
§ Apa saja kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia?
§ Siapa saja yang pernah menjadi pemimpin (ulil amri) di tiap kerajaan
Islam tersebut?
§ Bagaimana peranan pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan
kerajaan dan Islam di sekitarnya?
§ Bagaimana perkembangan kerajaan-kerajaan Islam tersebut?
§ Apa peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam tersebut terhadap
perkembangan Islam di Indonesia?
Mengumpulkan Informasi
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah berbagai
kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai raja atau pemimpin
(ulil amri) di tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai peranan para raja
atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam
di sekitarnya.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai peranan keberadaan
kerajaan-kerajaan Islam tersebut terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
Menalar/Mengasosiasi
§ Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah
ada di Indonesia.
§ Peserta didik mengidentifikasi raja-raja atau ulil amri yang pernah
memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§ Peserta didik menganalisis mengenai peranan para raja atau pemimpin
(ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§ Peserta didik mengidentifikasi berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia.
§ Peserta didik mengidentifikasi berbagai peranan keberadaan
kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
Mengomunikasikan
§ Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik
menjelaskan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§ Peserta didik menyebutkan raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin
tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§ Peserta didik memaparkan mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil
amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§ Peserta didik menyebutkan berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam
di Indonesia.
§ Peserta didik menyebutkan berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan
Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
|
Penutup
|
§ Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
§ Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
§ Guru menyampaikan informasi tentang topik pembelajaran untuk pertemuan
yang akan datang.
§ Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
§ Sikap
Mengamati
adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan
tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
§ Pengetahuan
Tes tertulis
(pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah
dipelajar.
§ Keterampilan
Mengerjakan
tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan
melaporkannya.
I.
Contoh
Instrumen untuk Penilaian
6. Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah ….
a.
Kerajaan Samudra Pasai
b.
Kerajaan Cirebon
c.
Kerajaan Demak
d.
Kerajaan Kalimantan
e.
Kerajaan Mataram
Jawab: c
J.
Sumber Belajar
§
Al-Qur’an
dan terjemahnya
§
Buku
Materi SKI Kelas XII
§
LKS
SKI Kelas XII
§
Berbagai
referensi pendukung lainnya
.
. . . . . . . , . . . . . . . 20. . .
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SKI
Satuan
pendidikan :
MA
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu :
10 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.7 Meyakini
bahwa dakwah yang didukung oleh berbagai pihak termasuk ulil amri akan lebih
maksimal hasilnya.
2.7 Berperilaku dinamis dalam kehidupan
sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman terhadap peranan
kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
2.8 Menunjukkan sikap peduli terhadap kemajuan
bangsa sebagai implementasi dari pemahaman terhadap peranan umatnya di
Indonesia.
3.7 Menganalisis
peranan kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
3.8 Mendiskusikan
peranan umatnya di Indonesia dari waktu ke waktu.
4.7 Membuat
peta konsep berkaitan dengan kerajaan Islam yang pernah muncul di
Indonesia.
4.8 Memaparkan
dalam tulisan singkat mengenai peranan umatnya di Indonesia.
C. Indikator
1. Mengetahui sejarah munculnya pembaruan dunia
Islam.
2. Mengetahui sejarah berbagai kerajaan Islam
yang pernah ada di Indonesia.
3. Mengetahui raja-raja atau ulil amri yang
pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
4. Mengetahui peranan para raja atau pemimpin
(ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
5. Mengetahui berbagai perkembangan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
6. Mengetahui berbagai peranan keberadaan
kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
7. Memiliki perilaku dinamis dan peduli terhadap
kemajuan bangsa sebagai implementasi dari pemahaman terhadap perkebangan Islam
di Indonesia.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
1. menjelaskan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di
Indonesia;
2. mengidentifikasi raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin
tiap kerajaan Islam di Indonesia;
3. menganalisis mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri)
tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya;
4. mengidentifikasi berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di
Indonesia;
5. mengidentifikasi berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan
Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia;
6.
menerapkan perilaku dinamis dan peduli terhadap kemajuan
bangsa dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman terhadap
perkebangan Islam di Indonesia.
E.
Materi Pembelajaran
Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
F.
Pendekatan,
Strategi, dan Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran : saintifik.
2. Strategi pembelajaran : kooperatif.
3. Metode : ceramah, diskusi,
tanya jawab, studi dokumen, penugasan.
G.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Rincian Kegiatan
|
Pendahuluan
|
§ Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama,
dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai
dengan pokok bahasan.
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
Inti
|
Mengamati
§ Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau
yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§ Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru berbagai kerajaan
Islam yang pernah ada di Indonesia.
§ Peserta didik mengamati berbagai bukti yang menunjukkan keberadaan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia pada beberapa masa yang lalu.
Menanya
§ Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi,
seperti:
§ Apa saja kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia?
§ Siapa saja yang pernah menjadi pemimpin (ulil amri) di tiap kerajaan
Islam tersebut?
§ Bagaimana peranan pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan
kerajaan dan Islam di sekitarnya?
§ Bagaimana perkembangan kerajaan-kerajaan Islam tersebut?
§ Apa peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam tersebut terhadap
perkembangan Islam di Indonesia?
Mengumpulkan Informasi
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah berbagai
kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai raja atau pemimpin
(ulil amri) di tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai peranan para raja
atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam
di sekitarnya.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai peranan keberadaan
kerajaan-kerajaan Islam tersebut terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
Menalar/Mengasosiasi
§ Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah
ada di Indonesia.
§ Peserta didik mengidentifikasi raja-raja atau ulil amri yang pernah
memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§ Peserta didik menganalisis mengenai peranan para raja atau pemimpin
(ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§ Peserta didik mengidentifikasi berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia.
§ Peserta didik mengidentifikasi berbagai peranan keberadaan
kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
Mengomunikasikan
§ Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik
menjelaskan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§ Peserta didik menyebutkan raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin
tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§ Peserta didik memaparkan mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil
amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§ Peserta didik menyebutkan berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam
di Indonesia.
§ Peserta didik menyebutkan berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan
Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
|
Penutup
|
§ Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
§ Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
§ Guru menyampaikan informasi tentang topik pembelajaran untuk pertemuan
yang akan datang.
§ Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
§ Sikap
Mengamati
adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan
tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
§ Pengetahuan
Tes tertulis
(pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah
dipelajar.
§ Keterampilan
Mengerjakan
tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan
melaporkannya.
I.
Contoh
Instrumen untuk Penilaian
6. Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah ….
a.
Kerajaan Samudra Pasai
b.
Kerajaan Cirebon
c.
Kerajaan Demak
d.
Kerajaan Kalimantan
e.
Kerajaan Mataram
Jawab: c
J.
Sumber Belajar
§
Al-Qur’an
dan terjemahnya
§
Buku
Materi SKI Kelas XII
§
LKS
SKI Kelas XII
§
Berbagai
referensi pendukung lainnya
.
. . . . . . . , . . . . . . . 20. . .
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SKI
Satuan
pendidikan :
MA
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu :
10 Jam Pelajaran
K.
Kompetensi Inti
5.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
6.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
7.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
8.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
L.
Kompetensi Dasar
1.7 Meyakini
bahwa dakwah yang didukung oleh berbagai pihak termasuk ulil amri akan lebih
maksimal hasilnya.
2.7 Berperilaku dinamis dalam kehidupan
sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman terhadap peranan
kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
2.8 Menunjukkan sikap peduli terhadap kemajuan
bangsa sebagai implementasi dari pemahaman terhadap peranan umatnya di
Indonesia.
3.7 Menganalisis
peranan kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
3.8 Mendiskusikan
peranan umatnya di Indonesia dari waktu ke waktu.
4.7 Membuat
peta konsep berkaitan dengan kerajaan Islam yang pernah muncul di
Indonesia.
4.8 Memaparkan
dalam tulisan singkat mengenai peranan umatnya di Indonesia.
M. Indikator
8. Mengetahui sejarah munculnya pembaruan dunia
Islam.
9. Mengetahui sejarah berbagai kerajaan Islam
yang pernah ada di Indonesia.
10. Mengetahui raja-raja atau ulil amri yang
pernah memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
11. Mengetahui peranan para raja atau pemimpin
(ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
12. Mengetahui berbagai perkembangan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
13. Mengetahui berbagai peranan keberadaan
kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
14. Memiliki perilaku dinamis dan peduli terhadap
kemajuan bangsa sebagai implementasi dari pemahaman terhadap perkebangan Islam
di Indonesia.
N.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
7. menjelaskan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di
Indonesia;
8. mengidentifikasi raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin
tiap kerajaan Islam di Indonesia;
9. menganalisis mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil amri)
tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya;
10. mengidentifikasi berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di
Indonesia;
11. mengidentifikasi berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan
Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia;
12. menerapkan perilaku dinamis dan peduli
terhadap kemajuan bangsa dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari
pemahaman terhadap perkebangan Islam di Indonesia.
O.
Materi Pembelajaran
Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
P.
Pendekatan,
Strategi, dan Metode Pembelajaran
4. Model pembelajaran : saintifik.
5. Strategi pembelajaran : kooperatif.
6. Metode : ceramah, diskusi,
tanya jawab, studi dokumen, penugasan.
Q.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Rincian Kegiatan
|
Pendahuluan
|
§ Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama,
dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi sesuai
dengan pokok bahasan.
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
Inti
|
Mengamati
§ Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau
yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§ Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru berbagai kerajaan
Islam yang pernah ada di Indonesia.
§ Peserta didik mengamati berbagai bukti yang menunjukkan keberadaan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia pada beberapa masa yang lalu.
Menanya
§ Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi,
seperti:
§ Apa saja kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia?
§ Siapa saja yang pernah menjadi pemimpin (ulil amri) di tiap kerajaan
Islam tersebut?
§ Bagaimana peranan pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan
kerajaan dan Islam di sekitarnya?
§ Bagaimana perkembangan kerajaan-kerajaan Islam tersebut?
§ Apa peranan keberadaan kerajaan-kerajaan Islam tersebut terhadap
perkembangan Islam di Indonesia?
Mengumpulkan Informasi
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah berbagai
kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai raja atau pemimpin
(ulil amri) di tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai peranan para raja
atau pemimpin (ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam
di sekitarnya.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
§ Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai peranan keberadaan
kerajaan-kerajaan Islam tersebut terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
Menalar/Mengasosiasi
§ Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah
ada di Indonesia.
§ Peserta didik mengidentifikasi raja-raja atau ulil amri yang pernah
memimpin tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§ Peserta didik menganalisis mengenai peranan para raja atau pemimpin
(ulil amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§ Peserta didik mengidentifikasi berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia.
§ Peserta didik mengidentifikasi berbagai peranan keberadaan
kerajaan-kerajaan Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
Mengomunikasikan
§ Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik
menjelaskan sejarah berbagai kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.
§ Peserta didik menyebutkan raja-raja atau ulil amri yang pernah memimpin
tiap kerajaan Islam di Indonesia.
§ Peserta didik memaparkan mengenai peranan para raja atau pemimpin (ulil
amri) tersebut terhadap perkembangan kerajaan dan Islam di sekitarnya.
§ Peserta didik menyebutkan berbagai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam
di Indonesia.
§ Peserta didik menyebutkan berbagai peranan keberadaan kerajaan-kerajaan
Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.
|
Penutup
|
§ Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
§ Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
§ Guru menyampaikan informasi tentang topik pembelajaran untuk pertemuan
yang akan datang.
§ Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
|
R.
Penilaian Hasil Belajar
§ Sikap
Mengamati
adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan
tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
§ Pengetahuan
Tes tertulis
(pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah
dipelajar.
§ Keterampilan
Mengerjakan
tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan
melaporkannya.
S.
Contoh
Instrumen untuk Penilaian
7. Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah ….
a.
Kerajaan Samudra Pasai
b.
Kerajaan Cirebon
c.
Kerajaan Demak
d.
Kerajaan Kalimantan
e.
Kerajaan Mataram
Jawab: c
T.
Sumber Belajar
§
Al-Qur’an
dan terjemahnya
§
Buku
Materi SKI Kelas XII
§
LKS
SKI Kelas XII
§
Berbagai
referensi pendukung lainnya
.
. . . . . . . , . . . . . . . 20. . .
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
boleh minta filenya? WA 082127529075
BalasHapussaya juga mau..boleh yaaa..085252957552
BalasHapussaya juga mau.. file nya.. wa. 085735009304
BalasHapus