SILABUS
Satuan Pendidikan : MA
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester : XII/1
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1.1 Menghayati nilai-nilai
pembaharuan sebagai upaya mengembalikan kemajuan umat Islam.
1.2 Menghayati pikiran-pikiran
positif para pembaharu sebagai upaya memajukan umat Islam.
1.3 Menghayati nilai-nilai
perjuangan dari tokoh-tokoh pembaharuan dunia Islam.
2.1 Terbiasa berpikir kritis
sebagai implementasi dari pemahaman terhadap sejarah pembaharuan atau
modernisasi Islam di dunia.
2.2 Terbiasa berpikir kritis
dan logis sebagai implementasi dari pemahaman terhadap pemikiran-pemikiran
pembaharuan dunia Islam.
2.3 Memiliki kepedulian
terhadap perjuangan memajukan umat Islam sebagai implementasi dari pemahaman
terhadap nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.
3.1 Menganalisis sejarah
pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
3.2 Memahami
pemikiran-pemikiran pembaharuan dunia Islam.
3.3 Mengidentifikasi
nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.
4.1 Menceritakan sejarah
pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
4.2 Membuat peta konsep
tentang pemikiran-pemikiran pembaharuan
dunia Islam.
4.3 Mempresentasikan
nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.
|
Pemikiran-pemikiran dalam pembaruan dunia
|
Mengamati
§
Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah
ditentukan guru atau yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§
Peserta didik membaca materi dan mendengarkan
penjelasan guru tentang sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik mengamati perkembangan pembaruan Islam dari masa ke
masa.
Menanya
§
Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang
berkaitan dengan materi, seperti:
§
Apa yang dimaksud pembaruan dalam Islam?
§
Kapan pembaruan dalam dunia Islam terjadi?
§
Siapa saja yang berperan dalam pembaruan dunia
Islam?
§
Bagaimana perkembangan peradaban pada masa
pembaruan?
Mengumpulkan Informasi
§
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai
sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai
tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai
perkembangan peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai
nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.
Menalar/Mengasosiasi
§
Peserta didik membaca berbagai referensi yang
berkaitan dengan sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik membaca berbagai referensi yang
berkaitan dengan tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik mengidentifikasi berbagai perkembangan
peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik mengidentifikasi nilai-nilai
perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.
Mengomunikasikan
§
Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca,
peserta didik menjelaskan kembali sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik menyebutkan dan menceritakan kembali
tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik menyebutkan berbagai perkembangan
peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik menyebutkan nilai-nilai perjuangan
gerakan pembaruan dunia Islam.
|
Tes Tertulis
§
Tes tertulis (pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang
materi yang telah dipelajar.
Unjuk Kerja
§
Mengerjakan tugas-tugas, seperti pengamatan,
praktik, diskusi, menulis laporan, dan melaporkannya.
Sikap
§
Mengamati adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran,
diskusi, mengerjakan tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
|
10 JP
|
§
Al-Qur’an dan terjemahnya
§
Buku Materi SKI Kelas XII
§
LKS SKI Kelas XII
§
Berbagai referensi pendukung lainnya
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.4 Menyadari bahwa berdakwah adalah kewajiban
setiap muslim.
2.5 Menunjukkan perilaku kreatif dan inovatif
sebagai implementasi dari pemahaman terhadap strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia.
3.4 Mendeskripsikan sejarah masuknya Islam di
Indonesia.
3.5 Menganalisis strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia.
4.4 Menceritakan sejarah masuknya Islam di
Indonesia.
4.5 Membuat sinopsis tentang strategi dakwah
dan perkembangan Islam di Indonesia.
|
Strategi
dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
|
Mengamati
§
Peserta
didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau yang ada di buku
bersama-sama secara tartil.
§
Peserta
didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah
masuknya Islam ke
§
Peserta didik
mengamati berbagai perkembangan agama Islam di Indonesia saat ini.
Menanya
§
Peserta
didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi, seperti:
§
Kapan
Islam masuk ke
§
Bagaimana
cara Islam masuk ke
§
Bagaimana
perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuk hingga saat ini?
§
Bagaimana
strategi dakwah para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia?
Mengumpulkan
Informasi
§
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah masuknya Islam ke
§
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru mengenai jalur masuknya Islam ke
§
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan Islam di Indonesia
sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru mengenai berbagai hikmah dan teladan dari
strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di
Indonesia.
Menalar/Mengasosiasi
§
Peserta
didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan sejarah masuknya Islam ke
§
Peserta
didik menganalisis berbagai jalur masuknya Islam ke
§
Peserta
didik menganalisis berbagai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya
Islam hingga saat ini.
§
Peserta
didik mengidentifikasi berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang
digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.
Mengomunikasikan
§
Berdasarkan
berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik menjelaskan sejarah masuknya Islam ke
§
Peserta
didik menjelaskan berbagai jalur masuknya Islam ke
§
Peserta
didik menyebutkan dan menjelaskan berbagai perkembangan Islam di Indonesia
sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§
Peserta
didik menyebutkan berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang
digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.
|
Tes
Tertulis
§
Tes tertulis (pilihan
ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah dipelajar.
Unjuk
Kerja
§
Mengerjakan
tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan
melaporkannya.
Sikap
§
Mengamati adab
peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan
tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
|
8 JP
|
§
Al-Qur’an
dan terjemahnya
§
Buku
Materi SKI Kelas XII
§
LKS SKI
Kelas XII
§
Berbagai
referensi pendukung lainnya
|
SILABUS
Satuan Pendidikan : MA
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester : XII/1
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1.1 Menghayati nilai-nilai
pembaharuan sebagai upaya mengembalikan kemajuan umat Islam.
1.2 Menghayati pikiran-pikiran
positif para pembaharu sebagai upaya memajukan umat Islam.
1.3 Menghayati nilai-nilai
perjuangan dari tokoh-tokoh pembaharuan dunia Islam.
2.1 Terbiasa berpikir kritis
sebagai implementasi dari pemahaman terhadap sejarah pembaharuan atau
modernisasi Islam di dunia.
2.2 Terbiasa berpikir kritis
dan logis sebagai implementasi dari pemahaman terhadap pemikiran-pemikiran
pembaharuan dunia Islam.
2.3 Memiliki kepedulian
terhadap perjuangan memajukan umat Islam sebagai implementasi dari pemahaman
terhadap nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.
3.1 Menganalisis sejarah
pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
3.2 Memahami
pemikiran-pemikiran pembaharuan dunia Islam.
3.3 Mengidentifikasi
nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.
4.1 Menceritakan sejarah
pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
4.2 Membuat peta konsep
tentang pemikiran-pemikiran pembaharuan
dunia Islam.
4.3 Mempresentasikan
nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.
|
Pemikiran-pemikiran dalam pembaruan dunia
|
Mengamati
§
Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah
ditentukan guru atau yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§
Peserta didik membaca materi dan mendengarkan
penjelasan guru tentang sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik mengamati perkembangan pembaruan Islam dari masa ke
masa.
Menanya
§
Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang
berkaitan dengan materi, seperti:
§
Apa yang dimaksud pembaruan dalam Islam?
§
Kapan pembaruan dalam dunia Islam terjadi?
§
Siapa saja yang berperan dalam pembaruan dunia
Islam?
§
Bagaimana perkembangan peradaban pada masa
pembaruan?
Mengumpulkan Informasi
§
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai
sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai
tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai
perkembangan peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai
nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.
Menalar/Mengasosiasi
§
Peserta didik membaca berbagai referensi yang
berkaitan dengan sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik membaca berbagai referensi yang
berkaitan dengan tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik mengidentifikasi berbagai perkembangan
peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik mengidentifikasi nilai-nilai
perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.
Mengomunikasikan
§
Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca,
peserta didik menjelaskan kembali sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik menyebutkan dan menceritakan kembali
tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik menyebutkan berbagai perkembangan
peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§
Peserta didik menyebutkan nilai-nilai perjuangan
gerakan pembaruan dunia Islam.
|
Tes Tertulis
§
Tes tertulis (pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang
materi yang telah dipelajar.
Unjuk Kerja
§
Mengerjakan tugas-tugas, seperti pengamatan,
praktik, diskusi, menulis laporan, dan melaporkannya.
Sikap
§
Mengamati adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran,
diskusi, mengerjakan tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
|
10 JP
|
§
Al-Qur’an dan terjemahnya
§
Buku Materi SKI Kelas XII
§
LKS SKI Kelas XII
§
Berbagai referensi pendukung lainnya
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.4 Menyadari bahwa berdakwah adalah kewajiban
setiap muslim.
2.5 Menunjukkan perilaku kreatif dan inovatif
sebagai implementasi dari pemahaman terhadap strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia.
3.4 Mendeskripsikan sejarah masuknya Islam di
Indonesia.
3.5 Menganalisis strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia.
4.4 Menceritakan sejarah masuknya Islam di
Indonesia.
4.5 Membuat sinopsis tentang strategi dakwah
dan perkembangan Islam di Indonesia.
|
Strategi
dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
|
Mengamati
§
Peserta
didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau yang ada di buku
bersama-sama secara tartil.
§
Peserta
didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah
masuknya Islam ke
§
Peserta didik
mengamati berbagai perkembangan agama Islam di Indonesia saat ini.
Menanya
§
Peserta
didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi, seperti:
§
Kapan
Islam masuk ke
§
Bagaimana
cara Islam masuk ke
§
Bagaimana
perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuk hingga saat ini?
§
Bagaimana
strategi dakwah para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia?
Mengumpulkan
Informasi
§
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah masuknya Islam ke
§
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru mengenai jalur masuknya Islam ke
§
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan Islam di Indonesia
sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru mengenai berbagai hikmah dan teladan dari
strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di
Indonesia.
Menalar/Mengasosiasi
§
Peserta
didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan sejarah masuknya Islam ke
§
Peserta
didik menganalisis berbagai jalur masuknya Islam ke
§
Peserta
didik menganalisis berbagai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya
Islam hingga saat ini.
§
Peserta
didik mengidentifikasi berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang
digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.
Mengomunikasikan
§
Berdasarkan
berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik menjelaskan sejarah masuknya Islam ke
§
Peserta
didik menjelaskan berbagai jalur masuknya Islam ke
§
Peserta
didik menyebutkan dan menjelaskan berbagai perkembangan Islam di Indonesia
sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§
Peserta
didik menyebutkan berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang
digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.
|
Tes
Tertulis
§
Tes tertulis (pilihan
ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah dipelajar.
Unjuk
Kerja
§
Mengerjakan
tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan
melaporkannya.
Sikap
§
Mengamati adab
peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan
tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.
|
8 JP
|
§
Al-Qur’an
dan terjemahnya
§
Buku
Materi SKI Kelas XII
§
LKS SKI
Kelas XII
§
Berbagai
referensi pendukung lainnya
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar