sub menu

Kamis, 17 Mei 2018

silabus SKI MA kelas XII Semester satu


SILABUS
Satuan Pendidikan    : MA
Mata Pelajaran          : SKI
Kelas/Semester          : XII/1
Kompetensi Inti         :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1   Menghayati nilai-nilai pembaharuan sebagai upaya mengembalikan kemajuan umat Islam.
1.2   Menghayati pikiran-pikiran positif para pembaharu sebagai upaya memajukan umat Islam.
1.3   Menghayati nilai-nilai perjuangan dari tokoh-tokoh pembaharuan dunia Islam. 
2.1   Terbiasa berpikir kritis sebagai implementasi dari pemahaman terhadap sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
2.2   Terbiasa berpikir kritis dan logis sebagai implementasi dari pemahaman terhadap pemikiran-pemikiran pembaharuan dunia Islam.
2.3   Memiliki kepedulian terhadap perjuangan memajukan umat Islam sebagai implementasi dari pemahaman terhadap nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.
3.1   Menganalisis sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
3.2   Memahami pemikiran-pemikiran pembaharuan dunia Islam.   
3.3   Mengidentifikasi nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.  
4.1   Menceritakan sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
4.2   Membuat peta konsep tentang pemikiran-pemikiran pembaharuan  dunia Islam.
4.3   Mempresentasikan nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.

Pemikiran-pemikiran dalam pembaruan dunia

Mengamati
§  Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§  Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru tentang sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mengamati perkembangan pembaruan Islam dari masa ke masa.

Menanya
§  Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi, seperti:
§   Apa yang dimaksud pembaruan dalam Islam?
§   Kapan pembaruan dalam dunia Islam terjadi?
§   Siapa saja yang berperan dalam pembaruan dunia Islam?
§   Bagaimana perkembangan peradaban pada masa pembaruan?

Mengumpulkan Informasi
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.

Menalar/Mengasosiasi
§  Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mengidentifikasi berbagai perkembangan peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mengidentifikasi nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.

Mengomunikasikan
§  Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik menjelaskan kembali sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik menyebutkan dan menceritakan kembali tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik menyebutkan berbagai perkembangan peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik menyebutkan nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.
Tes Tertulis
§  Tes tertulis (pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah dipelajar.

Unjuk Kerja
§  Mengerjakan tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan melaporkannya.

Sikap
§  Mengamati adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.


10 JP
§   Al-Qur’an dan terjemahnya
§   Buku Materi SKI Kelas XII
§   LKS SKI Kelas XII
§   Berbagai referensi pendukung lainnya


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.4   Menyadari bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim.
2.5   Menunjukkan perilaku kreatif dan inovatif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia. 
3.4   Mendeskripsikan sejarah masuknya Islam di Indonesia.
3.5   Menganalisis strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
4.4   Menceritakan sejarah masuknya Islam di Indonesia.
4.5   Membuat sinopsis tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.

Strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia

Mengamati
§  Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§  Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik mengamati berbagai perkembangan agama Islam di Indonesia saat ini.

Menanya
§  Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi, seperti:
§   Kapan Islam masuk ke Indonesia?
§   Bagaimana cara Islam masuk ke Indonesia?
§   Bagaimana perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuk hingga saat ini?
§   Bagaimana strategi dakwah para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia?

Mengumpulkan Informasi
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai jalur masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.

Menalar/Mengasosiasi
§  Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan  sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik menganalisis berbagai jalur masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik menganalisis berbagai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§  Peserta didik mengidentifikasi berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.

Mengomunikasikan
§  Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik menjelaskan  sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik menjelaskan berbagai jalur masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik menyebutkan dan menjelaskan berbagai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§  Peserta didik menyebutkan berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.
Tes Tertulis
§  Tes tertulis (pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah dipelajar.

Unjuk Kerja
§  Mengerjakan tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan melaporkannya.

Sikap
§  Mengamati adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.


8 JP
§   Al-Qur’an dan terjemahnya
§   Buku Materi SKI Kelas XII
§   LKS SKI Kelas XII
§   Berbagai referensi pendukung lainnya

                                                                                                                                      SILABUS
Satuan Pendidikan    : MA
Mata Pelajaran          : SKI
Kelas/Semester          : XII/1
Kompetensi Inti         :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1   Menghayati nilai-nilai pembaharuan sebagai upaya mengembalikan kemajuan umat Islam.
1.2   Menghayati pikiran-pikiran positif para pembaharu sebagai upaya memajukan umat Islam.
1.3   Menghayati nilai-nilai perjuangan dari tokoh-tokoh pembaharuan dunia Islam. 
2.1   Terbiasa berpikir kritis sebagai implementasi dari pemahaman terhadap sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
2.2   Terbiasa berpikir kritis dan logis sebagai implementasi dari pemahaman terhadap pemikiran-pemikiran pembaharuan dunia Islam.
2.3   Memiliki kepedulian terhadap perjuangan memajukan umat Islam sebagai implementasi dari pemahaman terhadap nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.
3.1   Menganalisis sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
3.2   Memahami pemikiran-pemikiran pembaharuan dunia Islam.   
3.3   Mengidentifikasi nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.  
4.1   Menceritakan sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
4.2   Membuat peta konsep tentang pemikiran-pemikiran pembaharuan  dunia Islam.
4.3   Mempresentasikan nilai-nilai perjuangan dari gerakan pembaharuan dunia Islam.

Pemikiran-pemikiran dalam pembaruan dunia

Mengamati
§  Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§  Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru tentang sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mengamati perkembangan pembaruan Islam dari masa ke masa.

Menanya
§  Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi, seperti:
§   Apa yang dimaksud pembaruan dalam Islam?
§   Kapan pembaruan dalam dunia Islam terjadi?
§   Siapa saja yang berperan dalam pembaruan dunia Islam?
§   Bagaimana perkembangan peradaban pada masa pembaruan?

Mengumpulkan Informasi
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.

Menalar/Mengasosiasi
§  Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mengidentifikasi berbagai perkembangan peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik mengidentifikasi nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.

Mengomunikasikan
§  Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik menjelaskan kembali sejarah munculnya pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik menyebutkan dan menceritakan kembali tokoh-tokoh yang berperan dalam pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik menyebutkan berbagai perkembangan peradaban pada masa pembaruan dunia Islam.
§  Peserta didik menyebutkan nilai-nilai perjuangan gerakan pembaruan dunia Islam.
Tes Tertulis
§  Tes tertulis (pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah dipelajar.

Unjuk Kerja
§  Mengerjakan tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan melaporkannya.

Sikap
§  Mengamati adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.


10 JP
§   Al-Qur’an dan terjemahnya
§   Buku Materi SKI Kelas XII
§   LKS SKI Kelas XII
§   Berbagai referensi pendukung lainnya


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.4   Menyadari bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim.
2.5   Menunjukkan perilaku kreatif dan inovatif sebagai implementasi dari pemahaman terhadap strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia. 
3.4   Mendeskripsikan sejarah masuknya Islam di Indonesia.
3.5   Menganalisis strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
4.4   Menceritakan sejarah masuknya Islam di Indonesia.
4.5   Membuat sinopsis tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.

Strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia

Mengamati
§  Peserta didik membaca ayat Al-Qur’an yang telah ditentukan guru atau yang ada di buku bersama-sama secara tartil.
§  Peserta didik membaca materi dan mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik mengamati berbagai perkembangan agama Islam di Indonesia saat ini.

Menanya
§  Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan materi, seperti:
§   Kapan Islam masuk ke Indonesia?
§   Bagaimana cara Islam masuk ke Indonesia?
§   Bagaimana perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuk hingga saat ini?
§   Bagaimana strategi dakwah para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia?

Mengumpulkan Informasi
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai jalur masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.

Menalar/Mengasosiasi
§  Peserta didik membaca berbagai referensi yang berkaitan dengan  sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik menganalisis berbagai jalur masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik menganalisis berbagai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§  Peserta didik mengidentifikasi berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.

Mengomunikasikan
§  Berdasarkan berbagai referensi tambahan yang dibaca, peserta didik menjelaskan  sejarah masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik menjelaskan berbagai jalur masuknya Islam ke Indonesia.
§  Peserta didik menyebutkan dan menjelaskan berbagai perkembangan Islam di Indonesia sejak awal masuknya Islam hingga saat ini.
§  Peserta didik menyebutkan berbagai hikmah dan teladan dari strategi dakwah yang digunakan para ulama untuk menyebarkan Islam di Indonesia.
Tes Tertulis
§  Tes tertulis (pilihan ganda, isian, dan esai) maupun lisan tentang materi yang telah dipelajar.

Unjuk Kerja
§  Mengerjakan tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan melaporkannya.

Sikap
§  Mengamati adab peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diskusi, mengerjakan tugas, dan menyampaikan hasilnya di depan kelas.


8 JP
§   Al-Qur’an dan terjemahnya
§   Buku Materi SKI Kelas XII
§   LKS SKI Kelas XII
§   Berbagai referensi pendukung lainnya

                                                                                                                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL PENULIS

PROFIL PENULIS NAMA : KHOTIJAH, MAHASISWI DI IAIN PEKALONGAN JURUSAN TARBIYAH. ALAMAT : DS KALIPANCUR 02 KEC. BOJONG. KAB ...