sub menu

Sabtu, 14 April 2018

sejarah kebudayaan Islam

Pembaharuan dan Modernisasi Dunia Islam

    Gerakan pembaharuan Islam adalah suatu upaya untuk menyesuaikan (kontekstualisasi) ajaran Islam dengan perkembangan baru yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Dalam bahasa Arab gerakan pemabharuan disebut dengan tajdid. Secara harfiah tajdid berarti pemabaharuan,dan pelakunya disebut dengan mujaddid. Tradisi pembaharuan dalam Islam sebenarnyatelah berlangsung lama sejak masa-masa awal sejarah Islam. Karena dalam Islam setiap kali terjadi masalah baru yang belum ada ketentuan hukum sebelumnya, maka kaum muslim segera akan mencari jawabannya (berijtihad) melalui metode ijma, qiyasdan sebagainya dengan tetap merujuk pada al-qur'an dan al-hadist.

     Dalam hal ini Rasulullah SAW pernah mengisyaratkan, "sesungguhnya Allah akan mengutus kepada umat ini (Islam) pada permulaan setiap abad orang-orang yang akan memperbaiki (memperbaharui) agamanya". (HR. Imam Abu Dawud). Namun demikian istilah tajdid atau pemabaharuan dalam Islam baru populer pada awal abad ke-18M, tepatnya setelah munculnya gaung pemikiran dan gerakan pembaharuan Islam di Mesir, sebagai imbas dari persinggungan politik dan intelektual antara Islam dengan dunia Barat.
(Direktorat KEMENAG Agama RI tahun 2006, Sejarah Kebudayaan Islam, MA kls XII).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL PENULIS

PROFIL PENULIS NAMA : KHOTIJAH, MAHASISWI DI IAIN PEKALONGAN JURUSAN TARBIYAH. ALAMAT : DS KALIPANCUR 02 KEC. BOJONG. KAB ...