sub menu

Sabtu, 21 April 2018

PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA


 Agama Islam terus berkembang dan menyebar di seluruh dunia. Perkembangannya mencakup seluruh benua yang ada di dunia. Contohnya perkembangan Islam di Eropa yang mengalami kemajuan pesat. Organisasi-organisasi Islam didirikan sebagai tempat berkumpulnya komunitas muslim. Selain itu banyak masjid dibangun sebagai tempat ibadah bagi kaum muslim. Salah satu masjid yang ada di Eropa adalah Central Mosque di Londen, Inggris.
     Perkembangan Islam di dunia yang meliputi penyebaran Agama Islam, penyebaran Ilmu pengetahuan Islam, penyebaran ajaran Islam dan penyebaran seni serta kebudayaan Islam tidak akan terlaksana tanpa peran serta para pemimpin Islam. Dalam sejarahnya, agama Islam mulai disebarkan setelah Nabi Muhammad SAW menerima perintah dari Allah SWT untuk menyebarkan agama tauhid ini.
     Dalam proses perkembangannya penyebaran Islam tidak selalu melalui jalan yang mulus. Ada kalanya para penyebar Islam harus berhadapan dengan para penguasa daerah setempat yang tidak menginginkan timbulnya kebudayaan dan agama baru di daerah kekuasaan mereka. Halangan-halangan dan berbagai rintangan yang dihadapi para penyebar Islam tersebut pada ahirnya dapat memacu timbulnya konflik yang tidak jarang berahir dengan timbulnya peperangan. Namun, dengan izin Allah SWT banyak peperangan atas dasar Agama Islam dan penyebaran agama Islam yang akhirnya dimenangkan oleh bala tentara Islam.
     Dari berbagai peperangan yang dimenangkan pasukan Islam inilah maka secara otomatis daerah-daerah tersebut dikuasai oleh pasukan Islam. Di daerah-daerah yang dikuasai inilah, diangkat para pemimpin Islam. Setelah di angkat, para pemimpin tersebut menyebarkan ajaran Islam di daerah-daerah yang dikuasainya. Itulah awal mula penyebaran Islam diberbagai belahan dunia.
     Selanjutnya Islam berkembang melalui para pendakwah dan ulama-ulama Islam. Di samping itu, Islam juga berkembang melalui faktor perekonomian. Faktor perekonomiaan ini terutama dilakukan oleh para pedagang Islam yang berdagang hingga keluar dari wilayah tempat tinggalnya. Selain itu, ada pula umat Islam yang pindah ke negara lain untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Di Negara tujuan, para perantau yang beragama Islam tersebut mengembangkan ajaran Islam dan kenbudayaan Islam pun menyebar di negara baru tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL PENULIS

PROFIL PENULIS NAMA : KHOTIJAH, MAHASISWI DI IAIN PEKALONGAN JURUSAN TARBIYAH. ALAMAT : DS KALIPANCUR 02 KEC. BOJONG. KAB ...