sub menu

Sabtu, 21 April 2018

MANFAAT DAN HIKMAH DARI PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA


Manfaat dari Sejarah Perkembangan Islam di Dunia.
Perkembangan Islam di berbagai dunia ini tidak terlepas dari peran dan cita-cita tokoh-tokoh Islam yang berusaha mengembalikan kemajuan umat Islam. Para pemimpin Islam merasakan dan menyadari akan kelemahan umat Islam setelah kekuatan umat Islam dari berbagai lapanngan kehidupan lemah dan sangat dikuasai oleh kekuatan bangsa barat. Dari situasi yang paling pahit itulah muncul ide-ide modernisasi yang secara luas mereka sampaikan kepada seluruh umat Islam, yaitu sebagai berikut :
a.       Membangkitkan semangat Islam di masa lampau dalam memurnikan ajaran Islam dari pengaruh takhayul, khurafat, dan bid’ah.
b.      Memperjuangkan pendidikan universal, kemerdekaan pers, dan memperkuat paham nasionalisme yang diwujudkan dalam bentuk partai al-hizb al-watani dan menanamkan paham patriotisme bagi umat Islam.
c.       Memperkuat ukhuwah islamiah dan menekankan pembaruan Islam pada bidang politik, pemerintahan, dan agama dengan ide pokok Pan-Islamisme bagi umat Islam.
d.      Memurnikan ajaran agama Islam sesuai dengan bentuk aslinya, memperbarui metode pengajaran dan menanamkan solidaritas seluruh umat Islam.
2. Hikmah Perkembangan Islam Di Dunia.
               Beberapa hal yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia ini antara lain sebagai berikut :
a.       Dengan saling bertoleransi terhadap paham atau berbagai aliran di kalangan umat Islam maka akan mendatangkan kemajuan dan kehidupan yang damai.
b.      Islam merupakan agama yang cinta damai.
c.       Bila pemimpin atau khalifah Islam mencintai ilmu pengetahuan maka rakyatnya pun akan mencintai ilmu pengetahuan.
d.      Memberikan motivasi untuk melestarikan hasil karya seni dan peradaban untuk dijadikan inspirasi bangunan-bangunan di masa depan.
e.       Penggunaan zuhud dan pengertian tawakal yang tidak tepat akan membawa kemunduran dalam kehidupan.
f.       Perselisihan dan ketidak percayaan terhadap sesama menyebabkan kemunduran, bahkan kehancuran.
g.      Umat Islam harus bersatu dan tolong menolong dalam memajukan dan memakmurkan negeri.
h.      Sikap fanatik dan tidak memanfaatkan akal sedikit pun akan membawa dampak terhadap perkembangan ijtihad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL PENULIS

PROFIL PENULIS NAMA : KHOTIJAH, MAHASISWI DI IAIN PEKALONGAN JURUSAN TARBIYAH. ALAMAT : DS KALIPANCUR 02 KEC. BOJONG. KAB ...